Sunday, July 15, 2007

kebangkitan sepak bola Indonesia?

Apakah sepak bola Indonesia sedang mengalami kebangkitan? Saya merasakan ada denyut, gairah yang sangat besar pada pemain sepakbola Indonesia melawan Arab Saudi melalui internet. Walaupun harus menelan pil pahit kekalahan 2-1, namun saya merasakan betul sebuah semangat pemain yang full power selama 90 menit.

Belum pernah saya melihat permainan sepak bola Indonesia, dengan semangat membara seperti yang diperagakan kemarin (14.07.2007).

Selain faktor semangat, teknik permainan juga menunjukkan kualitas yang tinggi. Bola bisa lengket dikaki. Pergerakan bola satu dua antar pemain juga terlihat efektif. Tidak terlihat satu pun pemain yang bisa jalan 'santai dan gontai' di tengah lapang. Semua pemain bergerak. Benar-benar aktif. Tinggal satu-dua tendangan yang kadang tidak berkualitas masih tetap terlihat. Tinggal kekuatan lini belakang yang perlu disempurnakan. Tinggi badan dan stamina juga perlu dibenahi.

Dan puncaknya yang membuat saya benar-benar kagum adalah gol dari Elie Aiboy. Gol tersebut benar-benar bersih. Berkualitas. Kerjasama benar-benar terlihat dan kedinginan san Elie yang memperdaya kiper, kemudian memperdaya seorang pemain belakang, dan kemudian baru melesakkan gol. Benar-benar dingin, tidak tergesa-gesa. Perhitungan yang matang. Cermat. Benar-benar gol yang menyatukan kerjasama, skil, ketahanan emosi, dan kecerdikan. Ya... gol yang benar-benar berkualitas yang pernah saya lihat untuk ukuran sepak bola Indonesia.

Apakah ini tanda-tanda awal kebangkitan sepak bola Indonesia? Mudah2an.

2 comments:

Suyitno said...

Indo vs korea, 18.07.2007
Yang di LN ada fasilitas streaming www.sopcast.com. Jadwal pertandingan ada di
http://85.92.128.155/~myp2p/Matches/Match1.htm

Suyitno said...

Sedikit antiklimaks... itulah kenyataan yg terlihat pada pertandingan hidup-mati lawan Korea. 1-0 untuk korea. Stamina pemain sudah kelihatan 'loyo' di babak pertama. Sesaat setelah babak kedua sebenarnya sudah dapat dilihat, namun rupanya Ivan Kolev tidak punya cukup inisiatif untuk mengantisipasinya. Ok. Mudah2an dikesempatan berikutnya Indonesia bisa lebih berjaya kembali. Amin