Wednesday, July 11, 2007

membuka pikiran



Gbr diambil dari [*].

Apa yang anda lihat dari gambar diatas?. Bagaimana persepsi anda terhadap gambar kotak-kotak di atas?

Ya... jika anda menyimpulkan bahwa kotak tersebut melengkung tentu tidak salah, karena itu adalah persepsi anda dari hasil pengamatan anda. Karena itulah yang anda lihat bukan. Itu adalah pengalaman anda. Pengalaman itu unik sebagaimana juga diri anda dan saya. Seperti itu jugalah saya pada saat pertama kali mempersepsi gambar tersebut. Lalu bagaimana jika ada orang lain yang mempersepsi lain.

Ya itu terserah mereka. Pokoknya itu pendapat saya...
Begitulah seringkali saya menutup mata dari pendapat orang lain yang ada kemungkinannya benar. Dengan 'menutup mata' seperti ini sebenarnya saya sudah kehilangan beberapa informasi penting yang mungkin akan berguna. Coba perhatikan. Coba dengarkan.
Garis-garis pada kotak tersebut adalah garis yang lurus. Tidak melengkung.
Lingkaran-lingkaran lah yang membuat mata kita mempersepsi seolah-olah
garis-garis pada kotak tersebut terlihat melengkung, padahal lurus.

Anda mau bukti... cetak/print gambar itu, lalu potonglah kotaknya. Pisahkan kotak dari lingkaran-lingkarannya. Apakah anda masih melihat bahwa garis-garis pada kotak tersebut melengkung?

Nah dengan berani mendengarkan pendapat orang lain kita akan memperoleh banyak informasi berguna. Kita bisa banyak belajar dari memperhatikan sisi pandang orang lain. Kita bisa mendapat kebenaran baru. Silakan, pilihan ada ditangan kita masing-masing.

1 comment:

Anonymous said...

Ok mas tikno saya percaya dengan pendapat anda....kenapa? tentu anda bisa menyimpulkan sendiri dari kata-kata saya.