Friday, May 30, 2008

Seputaran kampus_TA_1

Bagi seorang calon sarjana teknik mesin, tugas akhir adalah bagian yang sangat penting. Disinilah seorang calon sarjana akan diminta menjelaskan hasil karya 'terakhirnya' kepada dewan penguji. Dua hari ini, saya termasuk yang dipercaya untuk menguji 3 mahasiswa dalam ujian sidang tugas akhir (TA).

Ada beberapa hal menarik yang menjadi perhatian saya:

  1. Tata tulis. Draft TA walaupun sudah dikerjakan sebaik-baiknya tetap saja masih terdapat banyak kesalahan ketik, kesalahan tata bahasa (diatas -->di atas, keatas --> ke atas, dsb), penulisan serapan bahasa inggris yang tidak tepat, dan penulisan pustaka yang tidak teliti (beberapa pustaka hanya asal comot saja). Ada 3 kemungkinan penyebabnya: (a) Dari mahasiswanya yang tidak teliti, (b) Dari dosen pembimbing yang tidak menyempatkan waktu, (c) Dari sistem/kurikulum pendidikan.
  2. Penguasaan teknik eksperimen. Sebelum alat ukur digunakan mestinya dilakukan kalibrasi dengan cara yang benar. Pengetahuan tentang steady/unsteady condition kurang dikuasai. Tidak mencermati terlebih dahulu penyebab kesalahan/eror pengukuran yang mungkin terjadi. Tergesa-gesa. Kurang paham teknik statistik. Kurang paham dalam pengolahan data (asal dihitung saja dan tidak memperhatikan apakah metode yang digunakan sudah tepat atau belum). Contoh kasus disini adalah penentuan nilai kalor dari bahan yang diambil dari literatur tanpa memperhatikan jenis bahan bakarnya sama atau tidak. Menghitung NTU dari penukar kalor pada berkas pipa dengan hanya menggunakan perumusan NTU satu pipa, dsb.
  3. Penguasaan pengetahuan dasar. Beberapa mahasiswa kurang perhatian akan prinsip-prinsip dasar. Misalnya pada proses pengeringan, hendaknya mahasiswa belajar tentang prinsip/definisi kelembaban relatif, kelembaban mutlak, standar pengukuran kadar air, kalor laten, kalor sensibel, diagran psikrometri, hukum kekekalan massa dan energi, dll. Dengan pengetahuan dasar yang kuat, maka pada saat ekperimen, penempatan alat ukur, pengambilan data, pengolahan data, dan interpretasinya menjadi lebih yakin.

Jika ketiga hal di atas dapat dilakukan dengan baik semestinya hasil sidang sarjana tidak ada revisi mayor atau bahkan tidak lulus. Anyway, semoga kedepannya proses ini dapat diperbaiki lagi dan saya ucapkan kepada ketiga mahasiswa yang lulus pada ujian sidang tugas akhir pada tanggal 29-30.5.08. Semoga sukses kedepannya dan jangan berhenti belajar.

Solo, 30.5.08

No comments: